Welcome to Primaseason Blog

xx

Puasa 1434 H

Gong Xi Fa Cai! 新年快樂! • Xin Nian Kuai Le 新年 快樂

Indonesia Independence Day

Primaseason Twitter

Photoblog

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec molestie facilisis ante. Ut a turpis ut ipsum pellentesque tincidunt. Morbi blandit sapien in mauris. Nulla lectus lorem, varius aliquet, ...

Posted by Prima Eriawan - - 2 komentar

Penelitian kalau menurut (subjektif) saya adalah mencari jawaban atas pertanyaan yang kita buat-buat sendiri, atau untuk mencari jawaban atas pengandai-andaian kita. Ya tentu saja, pertanyaan & pengandai-andaian itu harus berdasarkan fakta ilmiah, karena kalau tidak ilmiah, sama saja seperti mengarang sebuah dongeng.

Hasil akhir penelitian pada umumnya adalah pembuatan laporan, yang nantinya dapat dipublikasi di jurnal ataupun untuk arsip alma mater/universitas/sekolah/institusi lain. Nah ini dia, kalau penelitian kita tidak ada ilmiahnya sama sekali, sama saja mengarang sebuah dongeng.

Pengalaman penelitian saya berawal dari SMP. Pada saat kelas 8, saya membuat kelompok yang terdiri dari 3 orang untuk mengerjakan sebuah proyek perlombaan ilmiah. Waktu itu dengan bantuan guru biologi saya Pak Suko Hartoyo, kami sekelompok membuat Track Conveyor. Ini adalah mesin pemasak otomatis yang biasanya ditemui di industri pangan hi-technology. Sayangnya, perlombaan tersebut dibatalkan oleh panitia, sehingga proposal hanya sekedar tulisan saja; tidak terwujud pembuatan bendanya.

Penelitian saya yang kedua adalah pada saat SMA. Kali ini bidang yang saya ambil lebih kepada farmasi, yaitu pembuatan obat herbal. Pada saat itu saya, dengan bantuan guru biologi saya alm. Bu Yanti Rafliyanti, membuat antibiotik herbal yang berasal dari ekstrak daun harendong bulu (Clidemia hirta). Banyak sekali pelajaran yang saya dapat ambil dari beliau, karena kaliber penelitian ini (sebetulnya) adalah tingkat S1. Hasil penelitiannya adalah positif menghambat pertumbuhan beberapa bakteri, namun sayang, penelitian ini tidak lolos seleksi dalam perlombaan nasional.

Dan saat ini, saya kembali melakukan penelitian. Saya beranikan diri untuk melakukan penelitian meskipun masih semester 1 FK. Penelitian ini berawal dari pembuatan proposal oleh saya, Dimas Adriyono, M. Eko Prastia, M. Rafid Murfi & Sera Fajarina dengan judul "Potensi ekstrak kulit pisang kepok sebagai antibakteri terhadap bakteri penyebab jerawat." Gampangnya itu kulit pisang buat ngatasin jerawat, tapi penelitiannya belum sampai seluas itu. Proposal ini kemudian kami ajukan ke PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Dikti 2012.

Alhamdulillah, meskipun kami belum punya pengalaman yang cukup banyak, tapi proposal kami lolos seleksi pendanaan oleh Dikti (Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi). Itu artinya, biaya yang kami ajukan sebesar Rp 8,5 jt untuk penelitian disetujui oleh Dikti. Yang menurut saya paling menarik dari serangkaian penelitian ini bukan pada saat pembuatan proposalnya, tetapi (tentu saja) pada saat kita bermain-main  di lab. What I mean by 'bermain-main' is (sometimes) literally having a real, actual fun in the lab. Tetapi tentu saja fokus kami tetap pada penelitiannya, bukan main-mainnya. But, at least, we have the right to have fun, don't we?



2 Responses so far.

  1. The Best Attitude. Good Luck. terus berjuang Ya... Ananda semuanya ( Prima Eriawan Putra dan kawan-kawan)Semoga Sukses.

  2. The Best Attitude. Good Luck. terus berjuang Ya... Ananda semuanya ( Prima Eriawan Putra dan kawan-kawan)Semoga Sukses.

Leave a Reply

Silakan memberi comment asal tidak mengandung SARA